1 comments

Arung Jeram Telaga Waja

Published on Minggu, 21 Agustus 2011 in

Kabupaten/Kota : Karangasem 


 

Sungai Telaga Waja terletak di paling timur propinsi Bali, tepatnya di Dusun Langsat, Kecamatan Rendang, Kabupaten Kabupaten Karangasem. Sungai yang panjangnya hampir 12 kilometer ini mengalir jernih dari kaki Gunung Agung dengan arus yang cukup deras. Menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan sejak sungai dan alam di sekitarnya masih alami dibandingkan tempat lain yang menawarkan petualangan serupa.

Tempat ini menjadi menarik karena lokasinya yang berpadu dengan petak-petak sawah dan hijaunya perbukitan yang menaunginya dengan aktifitas para petani tradisional, juga pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi di sisi utara. Air yang mengalir deras dengan beberapa jeram dan bebatuan sebagai rintangan menjadi pilihan yang cocok bagi para petualang untuk memacu adrenalin serta menguji nyali. Itulah beberapa alasan mengapa Telaga Waja dipilih menjadi salah satu start point lintasan arung jeram yang cukup menantang di Bali.

Ber-arung jeram di Telaga Waja, atau lebih dikenal dengan istilah Whitewater rafting, maka petualangan anda di mulai sejak anda mulai mengayuh dayung. Setelah briefing mengenai kemanan dan perlengkapan oleh instruktur berpengalaman, maka anda akan dibawa memasuki suatu suasana alam yang mistis dan juga cantik, melewati hutan tropis yang masih liar, tumbuhan gantung, tanaman merambat. Tidak sampai situ saja, mulai dari dayungan pertama hingga kecepatan perahu yang naik turun, jantung anda akan berdegup kencang, memompa adrenalin, menciptakan suasana petualangan yang seru. Setelah dimanja dengan pemandangan sawah yang hijau teduh dengan aliran sungai yang tenang, adrenalin anda akan dipacu lagi dengan tantangan terakhir yaitu dam air setinggi tujuh meter. 

Sungai ini boleh dibilang sungai terbaik untuk wisata arung jeram di Bali, karena tingkat kesulitannya di atas Sungai Ayung yang telah populer lebih dulu. Sungai Telaga Waja memiliki grade 3-3+ yang relatif masih aman sebagai sungai wisata. Perbedaan mencolok dari sungai-sungai lain adalah airnya yang jernih dan dingin karena bersumber dari mata air. Tidak ada sampah sampai dasar sungainya bisa terlihat. Tempat ini dapat dimanfaatkan juga sebagai jalur trekking dan cycling.

Harga yang ditawarkan oleh masing-masing agent berbeda-beda, namun pada umumnya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000 per orang. Biasanya harga tersebut sudah mencakup beberapa fasilitas seperti transfer antar jemput dari hotel ke lokasi, welcome drink, perlengkapan rafting dengan standar internasional, asuransi, instruktur yang sudah berpengalaman dan bersertifikat Proficient in Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR), handuk dan kamar ganti, kamar mandi, dan makan siang.

Sebaiknya anda mengikuti olahraga ini bersama-sama teman-teman anda. Jika anda sudah mendaftar, perhatikan jadwal penjemputan dari pihak operator. Karena biasanya untuk tiap-tiap lokasi seperti Nusa Dua, Kuta, Sanur, dan Ubud akan memiliki jam penjemputan yang berbeda-beda. Trip biasanya dibagi menjadi dua yaitu pagi dan sore.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to Arung Jeram Telaga Waja

18 Juli 2013 pukul 17.40

Wah keren nih arung jeram di telaga...cukup menantang...

Add Your Comment